Kamis, 02 April 2009

Cerita tentang North Europe

Taukah Anda bahwa negara-negara besar di belahan utara Eropa - atau yang lebih dikenal dengan Nordic Country, yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, Iceland, dan Finlandia memiliki bendera nasional dengan motif yang sama? Perbedaan yang ada terletak pada masing-masing warna yang digunakan oleh tiap negara. Mari kita lihat bendera kelima negara tersebut.





Semua negara di semenanjung Skandinavia ini memiliki kesamaan budaya dan latar belakang selama ratusan tahun. Denmark, Norwegia dan Swedia memisahkan diri dan membentuk kerajaan masing-masing pada sekitar abad 10 (setelah masuknya agama Kristen ke Eropa Utara). Finlandia pada waktu itu bergabung dengan Swedia, sementara Iceland, Faroe Islands, Shetland Island, Orkney, Greenland dan sebagian besar Scotlandia dan Irlandia bergabung ke Norwegia. Gerakan reformasi gereja Martin Luther cukup berkembang, sehingga kebanyakan gereja di Nordic Country adalah gereja Protestan.

Pada abad ke 14, Denmark, Norwegia (bersama Iceland) dan Swedia (bersama Finlandia) bergabung membentuk sebuah persekutuan yaitu Kalmar Union. Denmark berhasil menjadi penguasa di persekutuan tersebut.


Awal abad ke 16, Swedia melepaskan diri dari Kalmar Union dan membentuk Kerajaan sendiri. Tahun 1814, Denmark terpaksa melepaskan Norwegia setelah kalah perang dengan Swedia, namun Iceland, Greenland dan Faroe Island masih dikuasai oleh Denmark.


Setelah menjadi salah satu negara besar di Eropa pada abad ke 17, Swedia perlahan-lahan kehilangan beberapa wilayah teritorinya, seperti Finlandia yang jatuh ke Kerajaan Rusia pada tahun 1809. Tahun 1905, persekutuan antara Swedia dan Norwegia berakhir karena ketidakpuasan dari Norwegia. Revolusi Rusia pada tahun 1917 menyebabkan Finlandia muncul sebagai negera yang merdeka.

Sementara itu, Iceland memperoleh kemerdekaannya dari Denmark selama Perang Dunia kedua. Munculnya negara-negara yang merdeka dan independen tersebut melahirkan sebuah Nordic Council pada tahun 1952.
Adalah Danneborg - bendera nasional Denmark yang pertama kali muncul dengan sebuah Scandinavian Cross yang melambangkan simbol kekristenan. Desain bendera Denmark ini kemudian diadopsi oleh Nordic Country lainnya.
Kerajaan Swedia (Konungariket Sverige) saat ini dipimpin oleh Carl XVI Gustaf King of Sweden (1973 - sekarang) yang berdiam di Royal Palace, Stockholm.
Kerajaan Norwegia (Kongeriket Norge) saat ini dipimpin oleh Harald V King of Norway (1991 - sekarang) yang berdiam di Royal Palace, Oslo.


Kerajaan Denmark (Kongeriget Danmark) saat ini dipimpin oleh Margrethe II Queen of Denmark (1972-sekarang) yang berdiam di Amalienborg Palac, Copenhagen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRAVELAHOLIC'S BLOG